Jumat, 29 Desember 2017

Tulang Belakang & Permasalahannya

APA YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG TULANG BELAKANG & SENDI LUTUT
 

Prakata
Penyakit yang berhubungan dengan tulang belakang makin marak terjadi saat ini. Bahkan menurut statistik sekitar 80% penduduk dunia merasakan nyeri pada bagian belakang tubuhnya. Ada yang merasa nyeri pada tulang belakang bagian leher dan ada pada bagian belakang bawah (Low Back pain ).

Memperlakukan tulang belakang dengan baik sejaka dini merupakan jalan yang terbaik untuk mencegah cedera/sakit tulang belakang. Postur/posisi tubuh pada saat duduk, berdiri, berjalan, mengangkat beban dan tidur harus diperhatikan, Tentu saja mengkonsumsi makanan yang sehat juga diperlukan.

Selain posisi/postur tubuh yang salah, memang tidak dapat dipungkiri bahwa faktor usia merupakan salah satu penyebab cedera /sakit tulang belakang. Pada awalnya , penderita, penderita sakit tulang belakangbiasanya diberikan obat anti inflamasi. Penderita juga biasanya dianjurkan untuk melakukan fisioterapi. Penggunaan alat korset terapi traksi seperti disk Dr. juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit & penyembuhan pada sakit tulang belakang. Untuk Kondisi tertentu, pembedahan/operasi mungkin harus dilakukan.

Semoga info/buku ini dapat bermanfaat untuk membantu pembaca dalam menambah pengetahuan tulang belakang dan permasalahannya

Jakarta , 25 Agustsu 2010
Dr. H. Subagyo FICS, SpB Sp OT
(Seorang Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi di Jakarta)

Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut

TULANG BELAKANG & PERMASALAHANNYA 
Tulang belakang (Spine) merupakan struktur tulang yang terdiri dari rangkaian tulang yang meliputi:
  • Tulang Leher (Cervical Vertebra)
  • Tulang Thoracal (Thoracal Vertebra)
  • Tulang Pinggang (lumbar) memiliki 5 ruas
  • Tulang Duduk (Sacrum)
  • Tulang Ekor (Coccygeus) 
Setiap Ruas Tulang Belakang dipisahkan oleh sebuah bantalan yangbiasa disebut dengan Discus Inter-vertebralis

Tulang belakang dengan struktur yang demikian panjang dan system persarafan yang demikian unik maka menjadi sangat wajar jika sering timbul permasalahan (penyakit) pada tulang belakang. Bahkan hampir 80% orang dewasa mengalamai  gangguan tulang belakang yang disebut dengan istilah LBP ( Lower Back Pain) dan UPB (Upper Back Pain)








FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN TULANG BELAKANG

  • Kebiasaan duduk yang salah.
  • Proses penuaan, strees, kelebihan berat badan.
  • Mengangkat benda berat dengan tiba-tiba.
  • Cedera terutama jatuh dari ketinggian
BEBERAPA GANGGUANG TULANG BELAKANG 
Beberapa gangguan tulang belakang yang dialami oleh orang dewasa adalah HNP (Herniation Necleus Pulposes), Bulging Disk dan Degenerated Disk yang secara awam dikenal dengan istilah Saraf Terjepit.
Masalah pada Disk ini sebenarnya adalah sumsum tulang belakang yang menekan saraf pusat karena keluar dari posisi normal cincin tulang dan mengakibatkan nyeri pinggang.







Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut



APAKAH GEJALA-GEJALA GANGGUAN/ SARAF KEJEPIT PADA TULANG BELAKANG 
Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut

Ketika saraf tulang belakang tertekan sehingga tidak bekerja sebagaimana mestinya, akan ada gejala-gejala awal yang dialami oleh penderita seperti :
- Rasa sakit seperti tersengat listrik pada kaki atau tangan
- Kesemutan/ mati rasa pada kaki atau tangan
- Otot menjadi tidak bertenaga
- Terjadi kelumpuhan pada kaki

Gejala yang lebih serius adalah masalah usus atau kandung kemih yang merupakan kondisi darurat medis. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah buang air kecil atau mati rasa disekitar alat kelamin.

BAGAIMANA MENDIAGNOSA GANGGUAN TULANG BELAKANG / SARAF KEJEPIT ?
Dokter mendiagnosa gangguan tulang belakang dengan pemeriksaan fisik seperti pengujuian sensasi, kekuatan otot dan refleks. MRI atau X-Ray biasanya juga dilakukan sebagai bagian dari diagnosa. Yang perlu diketahui adalah bahwa test MRI hanya berguna jika dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan fisik.

TINDAKAN DAN PENGOBATAN GANGGUAN TULANG BELAKANG./ SARAF KEJEPIT
Seringnya pengobatan gangguan tulang belakang/ Saraf Terjepit dimulai secara konservatif dan menjadi lebih aggressive jika gejala sakit tetap dirasakan atau memburuk. Setelah terdiagnosa gangguan tulang belakang, tindakan atau pengobatan yang dilakukan adalah :

-ISTIRAHAT & MENJAGA AKTIFITASDokter akan menganjurkan anda untuk beristirahat dan menghindari aktifitas yang dapat memperburuk kondisi tulang belakang. Kadang-kadang jika pasien sudah merasakan sakit yang luar biasa, obat-obatan seperti Anti-Inflammatory akan digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut
-OPERASIOperasi dilakukan oleh dokter spesialis bedah Orthopedic (Bedah Tulang) dengan telah mempertimbangkan indikasinya dan berbagai hal yang lain serta telah mendapat persetujuan pasien. Operasi memiliki resiko dengan biaya yang cukup mahal (termurah sekitar Rp.50juta-an)

-FISIOTERAPIFisioterapi merupakan pilihan bagi pasien yang tidak mau melakukan operasi karena cara ini dianggap paling aman dan relatif lebih murah dibandingkan tindakan operasi yang memerlukan biaya puluhan kali lipat dibandingkan fisioterapi. Selain itu alasan keamanan/ resiko juga banyak menjadi penyebab mengapa banyak pasien saraf terjepit tidak mau melayani operasi. Dalam berbagai hal fisioterapi memiliki berbagai kebaikan disamping tentu ada kekurangan terhadap tindakan operasi.

-DISK DR
Disk Dr merupakan terobosan terbaru dalam bidang terapi medis yang memberikan solusi untuk problem tulang belakang khususnya saraf terjepit serta Lower Back Pain (LBP) dan Upper Back Pain (UBP) pada umumnya dengan system peregangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Empat Gaya Hidup Jaman Now, Yang Bisa mengakibatkan Rusaknya Tulang Punggung

Empat Kebiasaan yang Bisa Merusak Tulang Punggung  Tulisan  dibawah ini dengan judul seperti diatas, kami sadurkan langsung dari sumbe...