Jumat, 29 Desember 2017

Disk Dr.

Disk Dr. : Korset terapi untuk menunjang tulang belakang dan meredakan nyeri pinggang melalaui sistem peregangan cincin tulang belakang yang efektif mengurangi tekanan pada saraf pusat


Alat terapi tulang belakang, low back pain, nyeri / sakit pinggang, nyeri / sakit punggung, saraf terjepit
http://www.diskdr-online.com/image-upload/WG30-MP-14ab3.jpg http://www.diskdr-online.com/image-upload/WG50-MP_0.jpg
Disk Dr WG-30 Max Disk Dr Double WG-50

Karakteristik :
  1. Pertama kalinya di dunia yang menciptakan sistem memperlebar jarak cincin tulang belakang dengan sistem korset mekanik yang aman.
  2. Bekerja diantara bagian bawah dari tulang rusuk dengan tulang pinggul (S1, L5, L4, L3, L2, L1, T12, T11).
  3. Diciptakan dan dikembangkan oleh dokter bedah tulang yang paling terkemuka dari Inje University Seol Paek Hospital. Penelitian dan eksperimen yang didapat (328 pasien/ 85% dari pasien mengalami kemajuan kondisi dalam waktu 3 hari ; 91% pasien sangat memuaskan).
  4. Tetap dapat melakukan aktivitas sehari-hari ketika memakai korset mekanik ini.
  5. Dapat dicuci, termasuk kantung cuci untuk pemakaian mesin cuci.
  6. 100% katun untuk mencegah iritasi kulit.
  7. Mudah dipakai dan dilepaskan (mudah digunakan).
  8. Design yang ergonomic memberikan kenyamanan maksimum.
  9. Kuat dan tahan lama menggunakan bahan Urethan untuk bagian dalam. Produk imitasi hanya menggunakan karet biasa.
  10. Pompa udara yang sangat mudah digunakan - Kelebihan udara akan keluar secara otomatis.
  11. Sangat ekonomis dan efisien dibanding terapi fisik biasa.
  12. Variasi ukuran pinggang bertujuan hasil yang maksimum. Ukuran pinggang : S = 27 Inches ( s/d 69 cm), M = 28-31 inches ( 70-79 cm ), L = 32-34 inches ( 80-87 cm ), XL = 35-37 inches ( 88-95 cm ), 2XL = 38-40 inches ( 96-102 cm ), 3XL = 41-43 inches (103-110 cm), 4XL = 44- (111-117 cm).
  13. 4 medical magnet terpasang dibelakang - 1600 gauss magnet menghilangkan dengan cepat sakit pinggang/ low back pan / nyeri pinggang.
  14. Menggunakan bahan anti jamur. Mencegah kuman dan bakteri (99,9% akan mati dalam 18 jam).
  15. Bahan katun yang dapat mengeluarkan Negative Ion & Infra Red.
  16. Untuk konfirmasi ulang, hubungi distributor (PT. THERAMINDO JAYA) untuk size dan lain-lainnya.



Disk Dr Waist - Informasi Pasien

Apakah Disk ? Merupakan sumsum tulang belakang yang sering menekan saraf pusat karena keluar dari posisi cincin tulang sehingga mengakibatkan nyeri pinggang atau biasa disebut saraf terjepit.
Faktor – faktor Penyebab Gangguan Tulang Belakang

  • Kebiasaan duduk yang salah.
  • Proses penuaan, strees, kelebihan berat badan.
  • Mengangkat benda berat dengan tiba-tiba.



Beberapa Gangguan Tulang Belakang

Beberapa gangguan tulang belakang yang dialami oleh orang dewasa adalah HNP (Herniation Necleus Pulposes), Bulging Disk dan Degenerated Disk yang secara awam dikenal dengan istilah Saraf Terjepit.
Masalah pada Disk ini sebenarnya adalah sumsum tulang belakang yang menekan saraf pusat karena keluar dari posisi normal cincin tulang dan mengakibatkan nyeri pinggang.

Contoh gambar disk yang menonjol dan menekan saraf

The nerve fibers in your spinal cord branch off to form pairs of nerve roots that travel through the small openings (foramina) between your vertebrae. The nerves of the cervical spine go to the upper chest and arms. The nerves of the lumbar spine spine then reach to your legs, bowel and bladder. These nerves coordinate and control all the body's organs and parts and let you control your muscles. Damage to the nerves themselves can cause pain, tingling, or numbness in the area where the nerve travels.

Disk Dr adalah terobosan terbaru dalam bidang terapi medis yang memberikan solusi untuk problem tulang belakang dengan sistem peregangan.

Tulang Belakang & Permasalahannya
Tulang belakang (Spine) merupakan struktur tulang yang terdiri dari rangkaian tulang yang meliputi :
  • Tulang Leher (Cervical Vertebra) yang memiliki 7 ruas
  • Tulang Thoracal (Thoracal Vertebra) terdapat 12 ruas
  • Tulang Pinggang (Lumbar) memiliki 5 ruas
  • Tulang Duduk (Sacrum) terdapat 5 ruas
  • Tulang Ekor (Coccygeus)
Setiap ruas tulang belakang dipisahkan oleh sebuah bantalan yang biasa disebut dengan Discus Inter-vertebralis.
Tulang belakang dengan struktur yang demikian panjang dan system persarafan yang sedemikian unik maka menjadi sangat wajar jika sering timbul permasalahan (penyakit) pada tulang belakang. Bahkan hampir 80% orang dewasa mengalami gangguan tulang belakang yang sering disebut dengan istilah LBP (Lower Back Pain) dan UPB (Upper Back Pain).

Keunggulan Disk Dr Waist.Memperbaiki posisi cincin tulang belakang dengan meregangkan jaraknya satu sama lain sehingga mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit.



Cara Pemakaian

Cara Pemakaian yang benar

Benar Salah
Disk Dr produk yang menunjang tulang belakang, fleksibel dan nyaman dipakai. Bagi pecinta olahraga atau individu berpola hidup aktif, Disk Dr memberikan perawatan sempurna dan perlindungan menyeluruh bagi cincin tulang belakang.
Mekanisme Traksi
Efek traksi pada badan dan tulang belakang
detail

Disk Dr - Certificate

detail

Rekomendasi

Disk Dr Waist sangat sesuai digunakan oleh mereka yang :
  • Menderita HNP, bulging disc
  • Menderita penyakit pinggang yang akut/kronis
  • Spondyloysis dan spondylolisthesis (kerusakan di sendi tulang belakang dan pergeseran ke depan tulang belakang yang atas dari yang bawahnya)
  • Mengalami LBP (Low Back Pain) karena obesitas atau karena hal lainnya
  • Melakukan pekerjaan berat seperti mengangkat berat atau mengendarai kendaraan dalam waktu lama.
  • Memiliki kondisi tulang belakang yang memburuk (degenerative discs)
  • Menderita Spinal Stenosis (penyempitan saluran syaraf tulang belakang), Sciatica (rasa sakit sepanjang syaraf sciatic yang menimbulkan sakit mulai dari daerah bokong sampai ke betis).
  • Memiliki kelemahan bawaan pada pinggang.

Disk Dr Waist Hasil Percobaan Klinis

Penelitian ini dilakukan di Departemen Bedah Tulang, Fakultas Kedokteran Inje Universitas Seoul Paek oleh Professor Byung Jik Kim dan Shinwoo Park dan timnya.
I. Pengantar
Penelitian ini dilakukan untuk menilai keefektifan penggunaan Disk Dr pada pasien-pasien dengan sakit pinggang dan dilakukan dengan menilai tingkat rasa sakit, perubahan radiografis dan kekuatan otot-otot flexor dan extensor dari tulang belakang dengan menggunakan alat penilai isokinetis.
II. Pasien yang diperiksa dan Metode Penilaian
1. Profil Pasien
22 Pasien dengan sakit pinggang kronis atau akut, dari umur 19 s/d 58th dengan rata-rata umur 44th dimana diantaranya 8 pasien dari umur 50th sampai 59th, 9 pria dan 13 wanita, 9 pasien mengalami syaraf terjepit, 9 pasien dengan sakit pinggang akut dan 4 pasien dengan sakit pinggang kronis.
Table 1 : Distribusi umur dan jenis kelamin
Umur Pria Wanita Total
20-29 2 1 3
30-39 1 3 4
40-49 2 4 6
50-59 3 5 8
60-69 1 0 1
Total 9 13 22

2. Metode Penelitian a. Kriteria Macnab digunakan untuk mempelajari perubahan dari rasa sakit.
b. Radiographic imaging (bayangan radiografik) digunakan untuk menganalisa gambaran tulang belakang daerah lumbar dan sacral (pinggang dan bokong) dengan membandingkan sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan Disk Dr.
c. Unit Cybex 6000 Trunk Extension Flexion (TEF) digunakan untuk mengukur dan menganalisa kekuatan otot flexor dan extensor dari tulang belakang bagian lumbar.
III. Hasil Penelitian
1. Perubahan kondisi rasa sakit. Kriteria Macnab digunakan sebagai berikut :
- Baik Sekali adalah keadaan dimana tidak ada rasa sakit, tanpa hambatan gerakan dan memungkinkan pasien bekerja secara normal.
- Baik adalah keadaan dimana sesekali terdapat rasa sakit, tetapi yang memungkinkan pasien untuk bekerja secara normal.
- Sedang adalah memberikan indikasi adanya sedikit perbaikan.
- Jelek menggambarkan tidak adanya perbaikan.
Hasilnya pada Tabel 2 menunjukan bahwa kira-kira 85% menunjukan hasil yang baik dengan 3 orang yang diperiksa melaporkan hilangnya rasa sakit yang sangat baik dan 15 orang melaporkan hilangnya rasa sakit yang baik dari keseluruhan 22 pasien.


Hasil radiografi sebelum pemakaian Disk Dr. Jarak antara tulang belakang lumbar 8mm.
Hasil radiografi sesudah pemakaian jarak antara tulang belakang lumbar 11mm, bertambah 3mm
Table 2. Hilangnya rasa sakit sebelum dan sesudah penggunaan Disk Dr.

Sebelum Pemakaian Disk Dr Sesudah Pemakaian Disk Dr
Baik Sekali 0 3
Baik 1 15
Sedang 17 3
Jelek 4 1

2. Perubahan Radiografi
Hasil perbandingan gambaran radiografi tulang belakang lumbar dan sacral sebelum dan sesudah pemakaian Disk Dr pada 12 pasien menunjukan menunjukan lengkung bagian depan (anterior curvature) tulang belakang lumbar telah meningkat dan jarak antara discus pada tulang lumbar ke 4 dan 5 telah bertambah sebesar kira-kira 3mm.
3. Penilaian Isokinetik

Dari 12 pasien, 3 secara acak dipilih untuk dievaluasi menggunakan unit. Cybex 6000 - Trunk Extension Flexi (TEF). Berdasarkan hasil perbandingan keseluruhan energi pada kecepatan 60 angular, peak torque, rasio peak torque terhadap berat dan rata-rata kekuatan otot yang diukur sebelum dan sesudah penggunaan Disk Dr, grafik berikut menggambarkan bahwa kekuatan otot extensor dipertahankan lebih lama setelah penggunaan Disk Dr.

Oleh karena itu kami memutuskan bahwa Disk Dr berguna untuk meningkatkan kekuatan otot. Dari hasil yang diperoleh, peningkatan lengkungan tulang lumbar bagian depan seperti yang terlihat secara radiografi dapat dikatakan disebabkan bukan saja oleh penarikan fisik, tetapi juga oleh peningkatan kekuatan otot.

IV. Kesimpulan
Terlihat bahwa kira-kira 85% dari yang diperiksa melaporkan hasil yang Baik sekali atau Baik setelah 3 hari penggunaan Disk Dr. (3 pasien Baik sekali, 15 pasien Baik dari 22 pasien). Pada test radiografi dan evaluasi isokinetik, peningkatan lengkungan depan tulang belakang bagian lumbar dan peningkatan jarak tulang ke-4 dan 5 juga ditemukan. Juga terdapat peningkatan mobilitas otot extensor. Hasil ini diperoleh baik dari pemeriksaan subjektif dan objektif pasien dan membuat kami percaya bahwa penggunaan Disk Dr dapat memainkan peranan yang penting dan efektif dalam pengobatan pasien dengan sakit pinggang yang akut maupun kronis.

----------------------------------------- 0 0 0 0 ----------------------------------------------

Cara Mencegah Nyeri Pinggang

Agar kita tetap sehat dan menjaga agar tidak menjadi parah penyakit nyeri pinggang atau Low Back Pain perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Hindari duduk terlalu lama ; Lakukan selingan dengan sedikit bangkit dan berjalan. Jika pekerjaan mengharuskan banyak duduk. Setelah satu jam coba berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan otot.
  2. Duduk dengan posisi benar ; Duduklah dengan posisi benar. Caranya duduk dengan punggung lurus. Lutut tetap setinggi atau lebih tinggi dari panggul. Gunakan penyangga kaki bila perlu. Sebaiknya kedua tungkai kaki tidak saling menyilang. Jaga agar kedua kaki tindak menggantung.
  3. Hindari kegemukan ; Tubuh terlalu gemuk menyebabkan punggung harus bekerja extra keras menopangnya.
  4. Posisi badan tegak saat mengangkat beban ;  Bila ingin mengangkat beban berat, jangan membungkuk langsung mengangkatnya. Hal itu bisa membuat  punggung cedera. Mengangkat barang berat, berjongkoklah terlebih dahulu, tekuk lutut, posisi badan dalam keadaan tegak lurus baru kemudian mengangkat barang.
  5. Olahraga teratur ; Lakukan olahraga teratur tanpa membebani pinggang, antara lain berenang, bersepeda, jalan maupun senam yang memperkuat dan memelihara stabilatas otot-otot belakang dan perut. Ketika berolahraga, tenaga jangan diforsir lakukan sesuai dengan kemampuan.
  6. Pola hidup sehat ; Dalam hidup keseharian terapkan gaya hidup sehat. Hindari rokok dan alkohol, makanan yang mengandung banyak lemak dan asam urat untuk memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang. Penuhi kecukupan kalsium agar tulang tetap kuat.

Gejala-gejala gangguan/ saraf terjepit pada tulang belakang

Apakah gejala-gejala gangguan/ saraf terjepit pada tulang belakang?

Ketika saraf tulang belakang tertekan sehingga tidak bekerja sebagaimana mestinya, akan ada gejala-gejala awal yang dialami oleh penderita seperti :
- Rasa sakit seperti tersengat listrik pada kaki atau tangan
- Kesemutan/ mati rasa pada kaki atau tangan
- Otot menjadi tidak bertenaga
- Terjadi kelumpuhan pada kaki

Gejala yang lebih serius adalah masalah usus atau kandung kemih yang merupakan kondisi darurat medis. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah buang air kecil atau mati rasa disekitar alat kelamin.

Bagaimana mendiagnosa gangguan tulang belakang/ Saraf Terjepit?
Dokter mendiagnosa gangguan tulang belakang dengan pemeriksaan fisik seperti pengujuian sensasi, kekuatan otot dan refleks. MRI atau X-Ray biasanya juga dilakukan sebagai bagian dari diagnosa. Yang perlu diketahui adalah bahwa test MRI hanya berguna jika dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan fisik.

Tindakan dan Pengobatan Gangguan Tulang Belakang/ Saraf Terjepit
Rencana pengobatan untuk gangguan tulang belakang tergantung dari diagnosa yang dilakukan oleh dokter seperti gejala-gejala yang dialami oleh pasien, hasil pemeriksaan fisik, hasil dari X-Ray dan MRI. Pengobatan juga tergantung faktor-faktor lainnya seperti umur pasien, aktifitas pasien serta ada/tidak gejala yang memburuk.

Tindakan/ Pengobatan yang dilakukan

Seringnya pengobatan gangguan tulang belakang/ Saraf Terjepit dimulai secara konservatif dan menjadi lebih aggressive jika gejala sakit tetap dirasakan atau memburuk. Setelah terdiagnosa gangguan tulang belakang, tindakan atau pengobatan yang dilakukan adalah :

* ISTIRAHAT & MENJAGA AKTIFITASDokter akan menganjurkan anda untuk beristirahat dan menghindari aktifitas yang dapat memperburuk kondisi tulang belakang. Kadang-kadang jika pasien sudah merasakan sakit yang luar biasa, obat-obatan seperti Anti-Inflammatory akan digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

* OPERASIOperasi dilakukan oleh dokter spesialis bedah Orthopedic (Bedah Tulang) dengan telah mempertimbangkan indikasinya dan berbagai hal yang lain serta telah mendapat persetujuan pasien. Operasi memiliki resiko dengan biaya yang cukup mahal (termurah sekitar Rp.50juta-an)

* FISIOTERAPIFisioterapi merupakan pilihan bagi pasien yang tidak mau melakukan operasi karena cara ini dianggap paling aman dan relatif lebih murah dibandingkan tindakan operasi yang memerlukan biaya puluhan kali lipat dibandingkan fisioterapi. Selain itu alasan keamanan/ resiko juga banyak menjadi penyebab mengapa banyak pasien saraf terjepit tidak mau melayani operasi. Dalam berbagai hal fisioterapi memiliki berbagai kebaikan disamping tentu ada kekurangan terhadap tindakan operasi.

* DISK DR
Disk Dr merupakan terobosan terbaru dalam bidang terapi medis yang memberikan solusi untuk problem tulang belakang khususnya saraf terjepit serta Lower Back Pain (LBP) dan Upper Back Pain (UBP) pada umumnya dengan system peregangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Empat Gaya Hidup Jaman Now, Yang Bisa mengakibatkan Rusaknya Tulang Punggung

Empat Kebiasaan yang Bisa Merusak Tulang Punggung  Tulisan  dibawah ini dengan judul seperti diatas, kami sadurkan langsung dari sumbe...