Jumat, 29 Desember 2017

Apakah Disk Dr. ?

Disk Dr  adalah korset terapi traksi revolusioner untuk menunjang tulang belakang dan meredakan nyeri pinggang melalui peregangan cincin tulang belakang yang efektif mengurangi tekanan pada saraf pusat

Sebelum dipompa     ==>         setelah dipompa

Korest Terapi Traksi Disk Dr. diciptakan oleh dokter ortopedik terkemuka dari Rumah sakit Seou Paek Univeristas Inje, Korea Selatan Setelah melakukan riset yang mendalam selama 12 tahun.

Eksperimen yang dilakukan  pada 328 orang oleh Departemen Bedah Tulang Fakultas Kedokteran Universitas  Inje Seoul menemukan hasil yang memuaskan yaitu 85% pengguna korset terapi traksi Disk Dr. mengalami perbaikan kondisi dalam waktu 3 hari.

Hasil foto X-Ray pada Pengguna Disk Dr menunjukkan bahwa jarak cinci tulang belakang urutan ke -4 dan ke 5 bertambah 3mm

KEUNGGULAN  DISK DR. 
Disk Dr. merupakan system terapi untuk penyembuhan causative yaitu menghilangkan sebab penyakit dengan memperbaiki struktur.


Hal ini karena Disk Dr. memperbaiki posisi cincin tulangbelakang dengan meregangkan jarakanya satu sama lain sehingga mengurangi tekanan pada saraf yang kejepit.

HASIL UJI KLINIS 

Penelitian ini dilakukan di Departemen Bedah Tulang, Fakultas Kedokteran Inje Universitas Seoul Paek oleh Professor Byung Jik Kim dan Shinwoo Park dan timnya.
I. Pengantar
Penelitian ini dilakukan untuk menilai keefektifan penggunaan Disk Dr pada pasien-pasien dengan sakit pinggang dan dilakukan dengan menilai tingkat rasa sakit, perubahan radiografis dan kekuatan otot-otot flexor dan extensor dari tulang belakang dengan menggunakan alat penilai isokinetis.
II. Pasien yang diperiksa dan Metode Penilaian
1. Profil Pasien
22 Pasien dengan sakit pinggang kronis atau akut, dari umur 19 s/d 58th dengan rata-rata umur 44th dimana diantaranya 8 pasien dari umur 50th sampai 59th, 9 pria dan 13 wanita, 9 pasien mengalami syaraf terjepit, 9 pasien dengan sakit pinggang akut dan 4 pasien dengan sakit pinggang kronis.
Table 1 : Distribusi umur dan jenis kelamin
Umur Pria Wanita Total
20-29 2 1 3
30-39 1 3 4
40-49 2 4 6
50-59 3 5 8
60-69 1 0 1
Total 9 13 22

2. Metode Penelitian a. Kriteria Macnab digunakan untuk mempelajari perubahan dari rasa sakit.
b. Radiographic imaging (bayangan radiografik) digunakan untuk menganalisa gambaran tulang belakang daerah lumbar dan sacral (pinggang dan bokong) dengan membandingkan sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan Disk Dr.
c. Unit Cybex 6000 Trunk Extension Flexion (TEF) digunakan untuk mengukur dan menganalisa kekuatan otot flexor dan extensor dari tulang belakang bagian lumbar.
III. Hasil Penelitian
1. Perubahan kondisi rasa sakit. Kriteria Macnab digunakan sebagai berikut :
- Baik Sekali adalah keadaan dimana tidak ada rasa sakit, tanpa hambatan gerakan dan memungkinkan pasien bekerja secara normal.
- Baik adalah keadaan dimana sesekali terdapat rasa sakit, tetapi yang memungkinkan pasien untuk bekerja secara normal.
- Sedang adalah memberikan indikasi adanya sedikit perbaikan.
- Jelek menggambarkan tidak adanya perbaikan.
Hasilnya pada Tabel 2 menunjukan bahwa kira-kira 85% menunjukan hasil yang baik dengan 3 orang yang diperiksa melaporkan hilangnya rasa sakit yang sangat baik dan 15 orang melaporkan hilangnya rasa sakit yang baik dari keseluruhan 22 pasien.


Hasil radiografi sebelum pemakaian Disk Dr. Jarak antara tulang belakang lumbar 8mm.
Hasil radiografi sesudah pemakaian jarak antara tulang belakang lumbar 11mm, bertambah 3mm
Table 2. Hilangnya rasa sakit sebelum dan sesudah penggunaan Disk Dr.

Sebelum Pemakaian Disk Dr Sesudah Pemakaian Disk Dr
Baik Sekali 0 3
Baik 1 15
Sedang 17 3
Jelek 4 1

2. Perubahan Radiografi
Hasil perbandingan gambaran radiografi tulang belakang lumbar dan sacral sebelum dan sesudah pemakaian Disk Dr pada 12 pasien menunjukan menunjukan lengkung bagian depan (anterior curvature) tulang belakang lumbar telah meningkat dan jarak antara discus pada tulang lumbar ke 4 dan 5 telah bertambah sebesar kira-kira 3mm.
3. Penilaian Isokinetik

Dari 12 pasien, 3 secara acak dipilih untuk dievaluasi menggunakan unit. Cybex 6000 - Trunk Extension Flexi (TEF). Berdasarkan hasil perbandingan keseluruhan energi pada kecepatan 60 angular, peak torque, rasio peak torque terhadap berat dan rata-rata kekuatan otot yang diukur sebelum dan sesudah penggunaan Disk Dr, grafik berikut menggambarkan bahwa kekuatan otot extensor dipertahankan lebih lama setelah penggunaan Disk Dr.

Oleh karena itu kami memutuskan bahwa Disk Dr berguna untuk meningkatkan kekuatan otot. Dari hasil yang diperoleh, peningkatan lengkungan tulang lumbar bagian depan seperti yang terlihat secara radiografi dapat dikatakan disebabkan bukan saja oleh penarikan fisik, tetapi juga oleh peningkatan kekuatan otot.

IV. Kesimpulan
Terlihat bahwa kira-kira 85% dari yang diperiksa melaporkan hasil yang Baik sekali atau Baik setelah 3 hari penggunaan Disk Dr. (3 pasien Baik sekali, 15 pasien Baik dari 22 pasien). Pada test radiografi dan evaluasi isokinetik, peningkatan lengkungan depan tulang belakang bagian lumbar dan peningkatan jarak tulang ke-4 dan 5 juga ditemukan. Juga terdapat peningkatan mobilitas otot extensor. Hasil ini diperoleh baik dari pemeriksaan subjektif dan objektif pasien dan membuat kami percaya bahwa penggunaan Disk Dr dapat memainkan peranan yang penting dan efektif dalam pengobatan pasien dengan sakit pinggang yang akut maupun kronis.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Empat Gaya Hidup Jaman Now, Yang Bisa mengakibatkan Rusaknya Tulang Punggung

Empat Kebiasaan yang Bisa Merusak Tulang Punggung  Tulisan  dibawah ini dengan judul seperti diatas, kami sadurkan langsung dari sumbe...