Sabtu, 30 Desember 2017

Perlakukan Tulang Belakang Anda Dengan Baik

PERLAKUKAN TULANG BELAKANG ANDA DENGAN BAIK
Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut

 LAKUKAN :

  • Ketika mengangkat beban berat, tekuk kaki anda bukan belakang anda. Sebisanya jagalah agar tulang belakang tegak lurus. Usahakan beban dekat dengan tubuh. Ketika beban terlalu berat, mintalah bantuan.
  • Gantilah posisi berdiri sesering mungkin. Ketika anda harus berdiri dalam waktu yang cukup lama, gunakan penunjang kaki (bisa juga bangku kecil) untuk mengalihkan berat badan anda dari kaki kiri ke kanan dan sebaliknya. Berdirilah tegak dengan kepala menghadap ke depan dan tulang belakang lurus. Berjalanlah dengan postur yang baik, dagu terlipat, kepala menghadap ke depan dan jari kaki mengarah ke dapan. Gunakan sepat bertumit rendah yang nyaman di kaki.
  • Duduklah dengan tegak dan majukan kursi mobil ke depan sehingga lutut sejajar dengan panggul. Sokong punggung anda dengan handuk yang digulung atau bantal.
  • Dukung lekukan tulang belakang anda dengan alat bantu/ handuk yang digulung untuk mengurangi tekanan pada bantalan tulang belakang. Ketinggian kursi haruslah pada level dimana anda dapat menaruh paha anda paralel dengan lantai.
  • Gunakan tempat tidur yang keras, matras dengan per dan dasar yang baik. Ketika tidur menyamping tekuklah lutut sehingga menyentuh satu sama lain. Jika tidur terlentang, taruhlah bantal dibawah lutut anda.
Sumber: Apa Yang Anda Ketahui Tulang Belakang & Sendi Lutut
JANGAN LAKUKAN :
  • Jangan membungkuk ke depan pada pinggang ketika mengangkat beban berat. Hindari memegang beban sepanjang lengan. Jangan mengangkat beban diatas pundak. Posisi-posisi ini menghasilkan tekanan yang hebat pada tulang belakang.
  • Jangan berdiri pada posisi yang sama terlalu lama. Hindari membungkuk dengan kaki lurus. Jangan berjalan membungkuk kedepan. Jangan menggunakan sepatu bertumit tinggi jika akan berjalan atau berdiri dalam waktu yang lama.
  • Posisi duduk saat menyetir jangan terlalu jauh dari kemudi. Peregangan pada saat menginjak pegas dan memegang kemudi menghasilkan tekanan.
  • Jangan duduk dalam posisi merosot. Hindari duduk terlalu jauh dari meja kerja atau bangku yang terlalu tinggi. Jangan bersandar ke depan dan melengkungkan punggung anda.
  • Hindari tidur telungkup pada perut yang menekan punggung dan tulang belakang anda. Jangan tidur atau bermalas-malasan pada matras yang tidak memiliki support atau pada sofa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Empat Gaya Hidup Jaman Now, Yang Bisa mengakibatkan Rusaknya Tulang Punggung

Empat Kebiasaan yang Bisa Merusak Tulang Punggung  Tulisan  dibawah ini dengan judul seperti diatas, kami sadurkan langsung dari sumbe...